Dominasi Kelas Menengah Ngehek


Kelas menengah ngehek adalah kelas sosial yang mendominasi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itulah mungkin revolusi tak pernah benar-benar terjadi disini. Ciri dari kaum ngehek ini antara lain ialah senang berada di zona nyaman, berlagak sok kapitalis padahal hanya kapitalis kecil. Dan juga tidak mau berada juga memperjuangkan kelas bawah.

Kelas menengah ngehek ini umumnya berasal dari kelas bawah itu sendiri. Yang karena kelicikannya bisa menjadi tuan kecil. Yaitu kelas yang dibawahi sekaligus membawahi pekerja yang di upah dengan sangat minim.

Alih-alih bersikap revolusioner, kaum ngehek ini lebih senang bermain aman. Artinya asalkan mereka untung maka tak jadi soal bahwa ada penindasan dan penghisapan di sekitar mereka. Lagak mereka ingin sekali menyerupai lagak borjuis-kapitalis yang sejati. Meski sebenarnya tak mampu, tapi mereka rela mencicil demi mendapatkan barang mewah agar dianggap parlente.

Padahal dalam kenyataannya mereka juga tersandera oleh kapitalisme global. Namun disisi lain mereka menikmati pula menjadi tuan penghisap kecil.

Gaya hidup yang terlalu dipaksakan sering terlihat norak dan menggelikan. Tapi begitulah kaum ngehek tak perduli. Kenorakkan memang telah menjadi jati diri mereka. Entah sadar atau tidak, kaum ngehek telah menjadi semacam batu pengganjal bagi perjuangan rakyat pekerja untuk menjadi kelas yang berkuasa. Guna mendistribusikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Akhir kata mari bersama kita bersihkan akal dan fikiran kita dari virus ngehek yang menjijikkan juga menggelikan.