Tenggelamnya Kapal Partai Keadilan Sejahtera


Sikap elite Partai Keadilan Sejahtera yang mengeritik keras keberangkatan K.H. Yahya Cholil Tsaquf ke Israel dalam rangka membela kepentingan Palestina sekaligus menyebarkan Islam yang Rahmah berakibat pada tenggelamnya suara PKS di pulau Jawa. Semua kandidat yang diusung PKS keok dalam hasil hitung cepat atau quick-count yang dirilis. Meskipun belum merupakan kepastian yang resmi dari KPU, namun hal ini tetap menjadi topik panas netizen di social media.

Sebenarnya bukan kali ini saja para elite PKS bereaksi keras terhadap Kyai-Kyai NU. Terutama di bidang ritual, dimana orang-orang PKS sering menyalah-nyalahkan ritual dan ajaran Kyai-Kyai NU. Yang merupakan golongan yang sebenarnya jauh di atas ustadz-ustadz PKS dalam hal ilmu agama. Dan tentunya sangat dihormati oleh warga NU diseluruh tanah air.

Tidak ingin kecelakan politik seperti yang terjadi di Jakarta terulang kembali, para aktivis NU di jagad maya bahu-membahu menggalang tagar 2019 guremkan PKS dan yang semacamnya. Hasilnya hal ini berbuah manis, pada pilkada kali ini PKS benar-benar terguremkan khususnya di pulau Jawa.

Akan tetapi, ini bukanlah akhir dari perjuangan kawan-kawan aktivis NU. Masih ada tahun depan yang jauh lebih krusial. Akankah kaum Moderat kembali mengungguli radikalis ? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.