Bung Karno: "Alhamdulillah, Kita Sudah Merdeka"


Oleh: Muhammad Mucklish

Soekarni lagi duduk dikamarnya facebook-an sambil dengerin musik. Gak lupa merokok dan minum kopi seperti biasanya. Tau-tau ada yang posting bahwa hiroshima dan nagasaki di tembak rudal nuklir oleh Amerika CS. Akibatnya Jepang menyerah pada Amerika CS dan siap menyerahkan daerah Jajahan nya termasuk Indonesia pada Amerika CS.

Melihat itu, Soekarni buru-buru ngeshere di group whatsapp 'anak menteng 31'. Dan dalam sekejap group itu gempar kemudian melahirkan keputusan untuk mendesak Bung Karno agar segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Besoknya Soekarni dan kawan-kawan ngumpul di rumah Bung Karno. "Sekarang Bung" teriak anak-anak muda yang bergelora itu. "Jangan tunda lagi Bung" lanjut Soekarni sambil sesekali ngecek beranda facebooknya. Barangkali ada info terbaru pikirnya. "nanti dulu" jawab Bung Karno, "saya mantion Bung Hatta dan kawan-kawan PPKI dulu" sambung Bung Karno.

"Kelamaan Bung, keburu ketahuan pihak musuh" sela Chairul Saleh yang sejak tadi sibuk broadcast ke seluruh kontak whatsappnya. "Jangan ah, nanti saja, saya besok mau meeting dulu" kata Bung Karno lagi.

Singkat cerita karena Bung Karno tetap menolak usulan mereka. Para pemuda akhirnya memutuskan untuk menculik Bung Karno dan Bung Hatta ke rengasdengklok. Agar bersih dari pengaruh Jepang pikir mereka.

Dapet info begitu, Bung Sjahrir malah jengkel pada para pemuda. "Loh kalo Bung Karno diculik, lantas siapa yang bacaain proklamasi ?". Anak-anak menteng 31 itu pun terdiam. "Jemput, segera jemput Bung Karno dan Bung Hatta sekarang Juga". Selain itu di tempat meeting para anggota PPKI juga sibuk mencari Bung Karno dan Bung Hatta yang tak hadir. Melihat keadaannya jadi kacau, Soekarni buru-buru memesan taksi online buat jemput Bung Karno dan Bung Hatta di rengasdengklok.

Akhirnya Bung Karno setuju untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarni jadi kegirangan dan bersama anak menteng 31 lainnya Soekarni mulai mempersiapkan acara proklamasi. Peristiwa itu disiarkan live di facebook dan instagram. Juga tak lupa di tweet di twitter secara masal agar semua warga net mengetahui perihal pembacaan proklamasi tersebut.

Setelah membacakan proklamasi, lewat akun resmi media sosialnya (Fb,Ig, dan twitter) Bung Karno memposting "Alhamdulillah, Kita sudah merdeka" postingan ini mendapat jutaan like dari para netizen. Juga banyak di re-tweet dan di share para pengguna sosial media. Soekarni dan kawan-kawan pun tak lupa langsung meng-upload poto-poto pelaksanaan proklamasi di kediaman Bung Karno tersebut. Dengan caption beragam, dan hastag #IndonesiaMerdeka atau yang semacamnya menjadi trending topic di jagad maya.

Selanjutnya Bung Karno dan Bung Hatta menginstuksikan pada Soekarni dan kawan-kawan untuk mempersiapkan diri dalam rangka mempertahankan kemerdekaan yang baru saja di bacakan. Selain itu Bung Hatta secara khusus berpesan pasa chairul saleh agar memviralkan postingan tentang proklamasi itu keseluruh Indonesia dan seluruh dunia. Dengan demikian maka bertambah sibuklah Soekarni dan kawan-kawan, para relawan dan segenap rakyat Indonesia mempersiapkan diri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang baru saja lahir.